Uncategorized

Sumbat yang tidak bisa Disingkirkan

Saya yakin kita semua bisa menjalani hidup tanpa batas, melangkah lebih dari apa yang kita yakini, dan melakukan lebih dari yang pernah kita impikan. Ada beberapa keterbatasan atau sumbat yang bisa disingkirkan dan ada sumbat yang tidak bisa disingkirkan. Mengakui keterbatasan dan belajar hidup dengannya akan membuat kita tidak terhentikan dan keterbatasan itu tidak akan menghalangi kita.

Sumbat yang dibawa sejak lahir :

Tempat lahir : Baik Anda menyukai atau membencinya hal ini tetap dan tidak bisa berubah.

contohnya saja, saya memiliki teman yang merasa bahwa lebih baik dia lahir di jerman dan menjadi warganegara sana dibandingkan menjadi warga negara Indonesia. Saya awalnya tidak mengerti, mengapa ia tidak menyukai Indonesia, padahal Indonesia penuh dengan banyak hal positif.

Tahun kelahiran : Saya pernah mendengar bahwa mereka lahir di tahun yang salah dan berharap dilahirkan di masa pertengahan atau old west. Tetapi pada kenyataanya kita semua hanya bisa menjalani titik atau tempat di mana kita berada. Bukankah kenyataan itu tidak dapat di ubah?

Keluarga kandung : Kita tidak bisa memilih untuk tidak bersaudara dengan saudara yang membenci kita, tidak mendukung kita, bahkan tidak perduli dengan kita.

Karakteristik kelahiran : Kita terlahir dengan apa yang disediakan bagi kita. tinggi kita, kulit kita, bentuk gigi kita, otak kita, segalanya yang ada di dalam diri kita adalah hal yang tidak dapat di ubah. Tetapi bisa diperbaiki sedikit. hihi

Sumbat dalam kehidupan.

seperti kecelakaan, jatuh sakit, tindakan kriminal, bencana alam dan sebagainya.

“Bagian dari proses pemenuhan tujuan Anda adalah menyadari batasan-batasan dari hal-hal yang tidak dapat Anda ubah, sehingga Anda bisa memusatkan perhatian pada hal-hal yang bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan kapasitas diri.

Sumbat yang bisa Anda singkirkan.

Menurut nick vujicic, sumbatan terberat yang menjadi salah satu godaan terbesar kita juga adalah merasa nyaman, seolah-olah sudah mengerjakan semuanya di bumi dan puas dengan kehidupan ini.

itulah masalah bagi orang yang tidak sukses, produktif, dan puas terhadap apa yang mereka inginkan. mereka sudah menetap dan merasa nyaman.

Kita sesungguhnya sama sekali blum mencapai kapasita kita bahkan mendekati batas-batas kita. Selalu belajar menjadi lebih baik lagi.

SUMBATAN ORANG LAIN UNTUK MEMBATASI KITA.

Sumbat jenis pertama adalah sumbat yang dibuat orang lain untuk membatasi kita. Pasti kalian pernah mendengar sebuah kisah tentang raja daud dan Nabi samuel yang memilih daud sebagai raja israel setelah raja saul. Itu adalah bukti bahwa pandangan manusia tidak selalu benar, walaupun Daud bertubuh kecil dan tidak perkasa namun ia tetap menjadi yang terpilih daripada Tuhan untuk menjadi seorang raja dan pemimpin walaupun ayahnya daud tidak percaya dan tidak mengindahkannya.

“Saya sudah berjuang sangat keras untuk sampai ditempat saya saat ini, dan tidak akan membiarkan orang lain mengatur langkah saya.”

SUMBAT BUATAN KITA SENDIRI

Sumbat kedua adalah sumbat yang kita buatkan sendiri.

“Jangan menunda hidup Anda untuk berlama-lama memikirkan luka masalalu yang menyakitkan.” Kita semua tidak bisa didorong untuk sukses, tetapi kita semua bisa dibantu untuk sukses dengan cara kita harus bisa menghadapi diri kita sendiri.

Gagasan yang terakhir akan berlangsung lama dan membawa kepercayaan diri sebenarnya.

“Nick Vujicic – Anda tidak mungkin merasa nyaman dengan diri sendiri jika Anda tidak menerima diri sendiri,”

Hidup di lingkungan yang membatasi, memiliki segelintir modal ekspansif.

MENCARI PERSETUJUAN ORANG LAIN

PROSES MELEPASKAN SUMBAT :

  • Ilham
  • Teladan
  • Pernyataan
  • Eksperimen
self improvement

Nunchi-Seni membaca pikiran dan perasaan orang lain ala korea

Di korea ada satu rahasia untuk hidup sukses dan bahagia.

“Dunia ini penuh dengan berbagai hal gamblang yang tak seorangpun sempat amati.” – The hound of the baskervilles, Arthur conan doyle.

Apakah nunchi itu ?

Nunchi (nun-chi)’tilikan mata’, atau seni waskita dalam menilai pikiran dan perasaan orang lain untuk menciptakan keserasian, kepercayaan, dan kedekatan.

Mari berandai-andai bahwa Anda baru saja memulai pekerjaan baru di sebuah perusahaan besar dan Anda diundang ke sebuah pesta. Anda ingin memberikan kesan yang baik di sana. Sewaktu Anda memasuki ruangan, semua orang sedang tertawa lumayan keras atas sebuah lelucon biasa-biasa saja yang dilontarkan oleh seorang perempuan lebih tua yang belum pernah Anda jumpai. Anda akan :

a) Langsung bergabung dengan menceritakan sebuah lelucon yang benar-benar lucu, sudah pasti lebih lucu ketimbang yang baru saja Anda dengar. Para kolega baru Anda pasti menyukainya!

b) Ikut tertawa bersama yang lainnya, kendati lelucon itu tidak terlalu menghibur.

c) Mencari saat yang tepat untuk memperkenalkan diri kepada perempuan lebih senior itu yang telah Anda asumsikan dengan tepat sebagai pemimpin perusahaan.

Bila Anda memilih A, Nunchi diperlukan, Bila Anda memilih B, sudah bagus, Anda membaca ruangan dengan tepat dan menangkap isyarat yang tepat yang tepat dari para rekan kerja baru. Bila Anda memilih C, selamat Anda sudah dalam proses menguasai kesaktian nunchi.

Nunchi adalah kesaktian orang Korea. Sebagian besar orang bahkan sampai mengatakan bahwa itulah penyebab orang-orang korea mampu membaca pikiran-kendati ini sama sekali tak ada hubungannya dengan hal-hal supranatural. Nunchi adalah suatu seni memahami dengan seketika apa yang orang-orang pikirkan dan rasakan, agar dapat meningkatkan kualitas hubungan dalam hidup.

Memiliki nunchi yang hebat artinya terus menerus mengasah asumsi berdasarkan kata-kata baru, bahasa tubuh, atau mimik wajah, sehingga Anda akan selalu sadar dan waspada. Kecepatan merupakan hal terpenting dalam nunchi; bahkan bila seseorang sudah enguasai nunchi dengan sangat mahir, orang korea tidak menyebutnya punya nunchi yang baik tetapi nunchi yang cepat.

“Singkatnya nunchi akan menyelamatkan Anda dari situasi yang memalukan dalam pergaulan.

Mengurangi terlalu dekat dengan handphone dapat membantu kita menyadari hal kecil yang terjadi di sekitar kita. Apakah teman kita ada sedang mengalami kesusahan dan sebagainya. Bukanlah salah teknologi, melainkan salah kita karena memilih jalan yang lebih mudah ketimbang berurusan dengan sesama manusia. Bagi seorang ninja nunchi, ketidakmampuan mengatasi situasi yang kikuk adalah suatu kelemahan.

Dahulu kala, Nunchi merupakan bagian penting filosofi dan agama klasik barat. Tentu saja tidak disebut sebagai Nunchi. Namun nilai-nilai yang terdapat di dalam nunchi sudah ada di sana pada zaman purba. Nilai-nilai itu dianggap penting pada zaman yunani kuno dan oleh filsuf romawi kuno , seperti Marcus Aurelirs, yang menjadi penguasa di emporium romawi pada 161 hingha 180M. Di dalam bukunya meditations, dia menuliskan saran-saran yang bernilai nunchi, seperti :”Aturan pertama adalah menjaga agar jiwa tidak terganggu. Kedua adalah memperhatikan berbagai hal di wajah dan memahaminya sebagaimana adanya.”

Kitab Amsal di perjanjian lama menyarankan, ” DI dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.”

Ada perbedaan antara Nunchi dan Empati :

Nunchi :

  1. Kadang kala menuntut kita untuk menanggung ketidaknyamanan pribadi demi orang lain (Nunchi dan empati sama-sama memiliki hal ini)
  2. Berfokus pada suasana ruangan secara keseluruhan
  3. Kadang-kadang diam adalah respon yang terbaik
  4. Anda mengamati seraya menjaga jarak mental
  5. Nunchi tidak memiliki unsur moralitas
  6. Kita bisa netral secara emosional
  7. Netral-Gender
  8. Kecepatan amat sangat penting.

Empati :

  1. Kadang kala menuntut kita untuk menanggung ketidaknyamanan pribadi demi orang lain.
  2. Berfokus kepada orang yang berbicara dengan Anda, atau kepada suatu kelompok yang sama, kelompok minoritas tertentu , ke negara yang telah di landa kelaparan misalnya
  3. Berbicara kepada pihak yang menderita biasanya merupakan tindakan yang diharapkan.
  4. Anda berusaha menyusup ke dalam pikiran orang lain.
  5. Empati adalah tindakan yang benar dari sudut pandang sosial dan religius.
  6. Unsur Emosi sangat kuat, sehingga orang lain bisa memanfaatkan kita.
  7. Kerap dianggap sebagai perilaku feminim
  8. kecepatan tidak berpengaruh.

Semoga membantu ^^

self improvement

Time

Apa yang kamu lakukan dengan waktumu hari ini? apakah melakukan rutinitas setiap hari dengan bekerja, bergumam dalam hati “kok hidup gue gini-gini mulu” , “hidup kok bosen kayak gini sih, ga ada kemajuan”, “Kayaknya kalau gue banyak uang, gue bisa berbahagia”, “Kok orang lain cepet banget ya udah berkeluarga aja.” , “Coba aja saya tahu bahwa saya punya bakat dalam dunia seni, mungkin sekarang saya tidak bekerja dalam bidang keuangan.” , “Kayaknya kalau aku punya kekayaan, rumah besar, dan harta berlimpah aku akan bahagia.” , “Mungkin jika aku terkenal, maka hidupku tidak sesusah sekarang.”, “Aku merasa berada di tempat kerja yang tidak seharusnya.” Dan seterus-seterus-seterusnya.

Tapi, kehidupan ini waktu terus bergerak dan maju, sehingga yang kita perlukan adalah tetap fokus kepada diri kita sendiri sebelum kepada orang lain. Terkadang kita akan muncul pemikiran seperti itu karena waktu telah begitu cepat berlalu dan kita tidak pernah menuntut apapun pada diri kita, namun kita terus berharap bahwa hidup kita bisa berubah dan kita terus berbuah. Tapi sesungguhnya kita sendiri lah yang harus berkembang, berbuah, dan berbuah maksimal. Bersyukur selalu atas kesenangan dan kesedihan yang dimiliki. Karena Jika Tuhan mengijinkan maka kemuliaan Tuhan akan mengikuti orang itu. Berserah saja kepada Tuhan dan Ia akan bertanggungjawab di dalam kehidupan kita.

“Waktu dialami dengan cara-cara yang sangat berbeda dalam budaya manusia. Ada cara yang lebih baik dalam menyikapi waktu dibandingkan dengan cara yang biasa kita lakukan.”

Waktu seperti yang kita pahami memainkan peran yang penting dalam menciptakan dan melanggengkan ketidakbahagiaan. Hal itu diciptakan oleh pemikiran kita sendiri dari masa lalu (penyesalan) dan masa depan (ketakutan).

Suara dalam kepala kita ada agar kita bisa menjadi sadar bahwa kita lebih dari sekedar aliran pikiran yang dibangkitan oleh otak kita. Ini penting dalam menemukan rumus untuk meraih kebahagiaan karena suara itu sering bertindak sebagai utusan pikiran penyebab nyeri dan penderitaan. Ketika Anda meneliti pikiran itu sendiri, anda akan melihat jarang sekali di antara pikiran itu yang berurusan dengan masa sekarang. Pikiran itu hampir selalu terbelit dengan masa lalu atau sibuk meramalkan masa depan. Itu sungguh pikiran yang tidak bahagia. Kendati demikian, hampir semua emosi yang terpancang ke masa sekarang adalah emosi bahagia (perhatikan bahwa nyeri fisik bukan emosi), menarik bukan?

“Ketika kita berfokus kepada masa lalu atau massa depan, kita hidup dalam pikirankita, bukan dalam kenyataan.”

Dampak akibat hidup dalam pikiran sungguh luar biasa. Pernahkah Anda memperhatikan betapa cepat hidup Anda berlalu? Tidakkah terkadang hidup itu terasa seolah-olah dua puluh tahun yang telah berlalu begitu saja di luar kesadaran kita? Ada alasan yang bagus untuk ini.

Apabila Kita tidak sedang berpijak di masa sekarang, berarti Kita sedang berada di dalam kepala kita masing-masing. Tidak perlu repot untuk mencari ke tempat lain. Jika masa dua puluh tahun yang sudah berlalu terasa seperti sepekan yang lalu, boleh jadi Anda sungguh menjalani hidup itu hanya selama sepekan, dalam arti menghayatinya secara penuh. Sedangkan selama sepuluh tahun dan sejuta menit lainnya, kita cuma mengembara di dalam kepala kita dan itu merupakan hal yang sangat sia-sia sekali. Momen yang dimaksudkan adalah momen ketika kita sedang berpikir mencemaskan masa lalu dan masa mendatang. Anda tidak ingat pikiran itu karena pikiran itu bukan untuk diingat. Pikiran itu sia-sia karena seharusnya bisa berada di masa sekarang, menciptakan memori!

“And then one day you find ten years have got behind you./ No one told you when to run, you missed the starting gun.”

Change your mind, change your perspective, be A NEW YOU!”

Uncategorized

Movement

” Kalau kau ingin didorong hingga mencapai batasmu, kau harus berlatih hingga mencapai batasmu.” – SEAL

“Hidup berlangsung di antara Zona nyaman dan impian Anda”-Nick Vujicic

Nick Vujicic terlahir dengan kekurangan, tetapi ia bisa melampaui kekuranganya dan lahir baru menjadi tanpa batas. Ia adalah contoh yang menjadi saksi bahwa ketika kita merasa cukup, dan mau untuk melatih talenta kita, Tuhan akan memberkati bagi ia yang percaya.

He was born without limbs, but loving his life and purpose.

Pinterest

Saya akan menyampaikan cerita singkat dari beliau yang sangat meginsipirasi. Ia terlahir dengan kekurangan tetapi suatu ketika ia mau memberikan speaker motivasi kepada banyak Anak muda untuk bersyukur pada apa yang mereka miliki. Sehingga ia bersikeras untuk menelepon sekolah yang ada untuk membuat dia menjadi pembicara. Dari beberapa puluh sekola yang ia telepon, ada satu sekolah yang mau menerima Nick sebagai pembicara. Sekolah juga hanya mampu memberikan nick sebesar $50 saat itu.
Tetapi hal ini sangat disyukuri oleh Nick, ia meminta bantuan kakaknya untuk mengantarkannya ke sekolah itu, dan membuat pembayaran yang ia terima untuk kakaknya sebagai ganti ongkos pulang dan pergi.

Sekolah itu sangat jauh sekali, sekitar 5 jam dari tempatnya. Ini tidak memutuskan semangat nick untuk terus maju dan memberikan bicara kepada banyak murid. Setibanya di sana, murid yang ada di sana memang tidak banyak. Tetapi ia tetap bersyukur akan kebaikan dari Tuhan dan memberikan pidato sebagai motivator dengan sangat baik dan penuh persiapan. Ia memiliki waktu hanya 10 menit untuk berpidato saat itu. Bayangkan!!!!!

Perjalanan yang jauh tetapi hanya memiliki waktu 10 menit untuk berpidato saat itu. Tetapi, karena nick sudah mempersiapkan pidatonya jauh sebelum kesempatan ini datang, ia melakukannya dengan sangat baik. Ia pun pulang dengan rasa puas serta tetap bersyukur sudah bisa melakukan yang terbaik walau hanya punya 10 menit.

Jika kita sebagai manusia yang tidak bersyukur, pasti kita akan mengeluh akan banyak hal. Sekolah jauh, tempat terpencil, biaya pidato kecil, dan hanya diberik waktu 10menit?!

Tetapi rasa syukur yang diteruskan oleh Nick ini membuat Allah dan Alam bekerja. Ternyata kepala sekolah dari sekolah itu sangat menyukai pidato dari Nick yang menghasilkan telepon Nick terus berdering, seminggu setelah ia melakukan pidato di sekolah itu.

Sekolah demi sekolah meminta nick datang dan berbagi cerita. Permintaan itu bertambah banyak, dan masih terus bertambah. Hari ini lebih dari satu dekade kemudian, Nick menerima 35000 permintaan di depan publik dalam setahun.

Nick menyarankan orang-orang bermimpi besar dan bertingkah sedikit konyol. Dia berkata, ” Jika kita mengikuti definisi dunia tentang harus menjadi siapa kit, hanya karena kita terlalu aneh…’yah pasti karena hidup orang ini tidak produktif, pasti ia tidak punya rasa humor dan tidak bisa mencintai kehidupan.’ Di dunia ini kita memberi label tertentu kepada orang-orang.

Jadi… Jika dunia berpikir kau tidak cukup baik, itu bohong, kau tahu itu. Cari saja pendapat lain.”

Anda dan saya punya nilai hebat, potensi besar. Kita semua tidak hanya cukup baik, tetapi juga punya kemampuan menjadi lebih baik dan mencapai hal-hal yang lebih besar dalam hidup kita.

Nick pernah berkata ” Jika Tuhan bisa menggunakan seorang pria tanpa lengan dan kaki sebagai tangan dan kaki-Nya, Dia juga pasti akan menggunakan hati orang yang bersedia melakukan tugasnya.”

Catherine B.Ahles seorang dosen hubungan masyarakat berkata.

“Kita menghabiskan sebagian besar usia dua puluhan untuk menemukan ratusan hal yang bisa kita jadikan cita-cita. Namun, ketika menjadi dewasa di usia tiga puluhan, kita mulai menemukan semua hal yang tidak akan pernah kita wujudkan. Tantangan kita ketika mencapai usia 40-an dan selanjutnya adalah menggabungkan semuanya-dengan mengetahui kemampuan dan keterbatasan kita-dan menjadi yang terbaik yang kita bisa.”

Hal ini sebagian besar berharga, tetapi saya percaya bahwa kita tidak dibatasi oleh usia kita. Di Indonesia ada kakek-kakek yang baru belajar sekolah dasar saat usianya 63 tahun. Hal ini bukanlah hal yang memalukan bukan? Justru itu adalah teladan bagi kita bahwa keinginan kita dan mimpi kita tidak dibatasi oleh usia.

Mari secara bersama untuk mengenaik nilai kita dan kapasitas kita, sehingga kita bisa menciptakan pergerakan ke arah yang lebih positif di dalam hidup kita.

ENTREPRENEUR

Kapaasitas

Jika Anda Tumbuh dalam kesadaran, mengembangka kemampuan, dan membuat pilihan yang tepat, Anda bisa mencapai kapasitas Anda.

Dengan kata lain,

Kesadaran + Kemampuan + Pilian = kapasitas

  1. Kapasitas kita tidak bersifat permanen

“Jika kita tidak tahu hal yang membatasi Kita, bagaimana kita bisa menyingkirkannya?”

Saya yakin kita pasti menginginkan lebih di dalam kehidupan kita dari apa yang kita miliki sekarang ini. Menjadi lebih baik, lebih puas, lebih baik, dan seterusnya. Maka kita ada di posisi yang sama. Kita pasti menginginkan banyak hal untuk terus berkembang dan membuat perbedaan.

Apa yang menghalangi kita dan membatasinya?

Ada pepatah yang berkata “Kalau ingin sebuah tugas diselesaikan, serahkan kepada orang sibuk.” terdengar konyol bukan? tetapi ini adalah hal yang benar. Orang-orang yang bisa menyelesaikan banyak hal tampaknya bisa mengatasi lebih banyak lagi dan tetap produktif.

Sebagian besar orang berpikir kapasitas mereka bersifat permanen. Anda mendengar seseorang disebut memiliki “kapasitas tinggi”dan yang lainnya memiliki “kapasitas rendah” dan kita semua menerimanya begitu saja. Hal inilah yang mencegah kita semua sulit untuk berkembang. Kita harus menemukan hal yang menyumbat diri kita terhadap potensi yang kita miliki sehigga kita bisa terus berkembang. Kita wajib untuk memandang melampaui sumbat itu dan melihat kemampuan kita sebenarnya sebelum kita menyingkirkan sumbat yang ada.

Sebagian kita memiliki kapasitas yang belum dimanfaatkan yang bahkan tidak kita sadari. Namun, kita bisa mengubahnya.

2. Sadarilah berbagai peluang yang bisa menjadikan kita lebih baik

Semua pertumbuhan berlanjut karena adanya kesadaran. Ada titik buta di mana sebenarnya kita tidak sadar dan tidak fokus pada kesadaran itu sehingga kita tidak tahu bahwa potensi itu ada di dalam diri kita dan kita tidak menyadarinya. Tidak bisa melihat apa ang bisa kita lihat.

Butuh bantuan juga dari orang sekitar kita untuk menyadarkan diri kita serta dibutuhkan seseorang yang benar-benar tahu cara membantu kita melihat kapasitas kita.

Perhatian : Mencari hal yang peru kita ketahui. Diri kita menentukan cara kita melihat orang lain. kita perlu berfokus pada cara perspektif mempengaruhi pandangan kita tentang dunia, orang lain dan kehidupan dan diri kita juga menentukan cara kita meliat diri kita sendiri.

Jika ingin meningkatkan kapasitas, kita harus melihat secara berbeda. Kita harus bersedia memandang diri sendiri dan dunia dengan cara baru. Kita perlu memperhatikan dan mencari hal yang perlu diketahui.

Kesadaran : Menemukan hal yang perlu saya ketahui

sering kali, yang menghentikan orang-orang mencapai kapasitas mereka bukanlah kurangnya keinginan, melainkan kurangnya kesadaran. Ada faktor-faktor yang menghambat dan mencegah kita mengembangkan kesadaran diri yang luar biasa, seperti :

  • Alasan
  • Fantasi kesuksesan tidak berdasar
  • Berbicara tanpa mendengarkan orang lain
  • emosi negatif yang tak terselesaikan
  • kebiasaan yang merusak diri sendiri
  • kurangnya refleksi diri
  • keengganan berkorban demi mendapatkan pengalaman.

3. Kita bisa menyingkirkan “sumbat” kapasitas diri sendiri

Sigkirkan sumbat yang menahan kita semua. Pernahkan anda mendengar bagaimana seorang melatih gajah? bagaimana besarnya binatang itu disuruh tinggal di suatu tempat hanya dengan seutas tali kecil yang menahan mereka. padahal tinggnya bisa mencapai tiga meter dan berat empat ton. apa rahasianya?

Ketika seekor gajah masih sangat muda dan beratnya hanya beberapa ratus kilo saja, dia dibatasi oleh rantai yang mengikat kakinya dan terhubung ke pohon atau tonggak yang ditanam dalam-dalam. Ketika hewan itu membatasinya diri sendiri. Gajah percaya batasan apapun yang dilakukan padanya-bahkan seutas tali yang bisa diputuskand dengan mudah-lebih kuat daripada dirinya.

Kita seperti gajah itu. Kita sering percaya beberapa batasan yang mungkin pernah kita alami sebelumya bersifat permanen. Kita diberi tahu punya keterbatasan yang sebenarnya tidak kita miliki dan hal-hal itu menahan kita agar tidak menempuh perjalanan hidup yang kita dambakan, inilah rantai yang perlu kita putuskan.

4. Anda bisa mengembangkan kapasitas yang sudah kita miliki

Setiap orang memiliki kapasitas sesuai bakat alami mereka. Beberapa di antaranya memerlukan kemampuan yang sangat spesifik, seperti musisi orkestra, atlit, etc.

  • Kapasitas energi- kemampuan terus berupaya secara fisik
  • Kapasitas emosional – Kemampuan mengelola emosi
  • Kapasitas berpikir – kemampuan berpikir efektif
  • Kapasitas rasional – kemampuan membangun hubungan
  • Kapasitas kreatif – Kemampuan melihat pilihan dan menemukan jawaban
  • Kapasitas produksi – Kemampua menghasilkan karya
  • Kapasitas kepemimpinan – kemampuan mengembangkan dan memimpin orang lain.

5. Kita bisa membuat pilihan yang memaksimalkan peluang yang kita miliki

Kita juga memiliki kapasitas lain yang lebih bergantung pada pilihan Anda. Meskipun bakat memang menentukan, tetapi perannya tidak begitu penting dalam area ini. Saya ingin membantu Anda mengidentifikasikan pilihan-pilihan yang Anda bisa buat untuk meningkatkan kapasitas Anda.

Kapasitas tanggung jawab- Pilihan untuk mengambil alih kendali hidup Anda.

Kapasitas karakter – pilihan ada berdasarkan nilai- nilai yang baik

Kapasitas berkelimpahan – pilihan untuk percaya apa yang kita punya lebih dari cukup

Kapasitas disiplin – Pilihan untuk memusatkan perhatian dan menindaklanjutinya.

Kapasitas intensional – Pilihan untuk bertekad mengejar hal penting

Kapasitas sikap – pilihan untuk bersikap positif bagaimanapun keadaannya

Kapasitas resiko – pilihan untuk keluar dari zona nyaman

Kapasitas spiritual – pilihan untuk memperkuat keimanan

Kapasitas pertumbuhan – pilihan untuk berfokus pada seberapa jauh kita bisa melangkah

Kapasitas kemitraan – Pilihan untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Semoga bermanfaat ^^

self improvement

Cerita yang otak sampaikan kepada Anda selalu tidak lengkap.

Untuk membuat keputusan, otak memerlukan informasi yang saling bertalian dan lengkap. Sesudah menyisihkan sebagian besar kebenaran, otak selanjutnya membuat asumsi tentang informasi apapun yang terkesan hilang. Membaca kata-kata yang salah eja merupakan fakta nyata kemampuan semacam itu.

Mengandaikan sesuatu yang tidak kelihatan mungkin baik, tetapi mengubah sesuatu yang sungguh anda lihat guna menyesuaikan dengan harapan otak rasanya tidak terlalu baik.

Nah maksudnya gimana tuh statement ini?

Mengandaikan sesuatu yang tidak kelihatan mungkin baik : Hal ini diibaratkan seperti mimpi, iman, ataupun kepercayaan. Di mana kita semua tau bahwa terkadang kita menginginkan sesuatu dan mengandaikannya bahkan membuat visi untuk itu. Kita semua berlomba untuk mengejar mimpi berdasarkan pengandaian yang telah kita gunakan selama ini. Tidak sedikit orang yang menggunakan otak mereka untuk ini dan melakukannya bahkan dapat menggapai impian mereka semua.

Tetapi mengubah sesuatu yang sungguh anda lihat guna menyesuaikan dengan harapan otak rasanya tidak terlalu baik : Maksud di sini adalah di mana kita melihat suatu keadaan yang masih kulitnya dan kemudian menilai itu benar adanya seperti dugaan dalam pikiran kita atau otak kita maksudkan.

Contohnya : ada sekumpulan teman yang bermain bersama teman-temannya. A,B,C,D,E,F adalah inisial nama mereka. Mereka semua bermain di kos-nya si E. Nah, tidak lama kemudian si E (Pemilik kamar kos) pergi ke toilet yang terletak di luar ruang kamar kosnya, Setelah si E kembali, mereka melanjutkan permainan tersebut, di tengah kebahagiaan dalam bermain, si C mendengar seperti ada orang yang lewat dengan suara jejak kaki manusia di luar kamar kos E, namun semua temannya mengira si C berhalusinasi. Tak lama dari itu si C dan si B, pergi ke toilet bergantian.

Kasusnya si C adalah orang sederhana dan si B adalah orang kaya dan keduanya adalah teman baik si F.

Kemudian setelah tak lama bermain, si F merasa kehilangan dompetnya dengan jumlah uang 500 ribu rupiah di dalamnya , dompet itu ia bawa ke toilet dan lupa membawa pulang ke kamar kosnya. Sontak, F dan temannya yang lain merasa kaget. F dan temannya yang lain tentunya mencurigai C dan B yang ke toilet tak lama selesai. Tapi si C merasa bahwa ia tidak mencuri bahkan ia bersedia membuat tasnya serta kantongnya di geledah di depan banyak orang. Sedangkan si B ia hanya cek kantongnya karena ia juga kos di tempat yang sama namun beda lantai dan kamar sehingga ia tidak membawa tas.

Menurut kalian, siapakah yang paling di curigai?

Tentu saja si C bukan?

karena ia bukan penduduk kos setempat dan ia juga tidak kaya, serta ia juga ke toilet saat itu. Walaupun ia sudah di geledah tetapi berdasarkan sedikit fakta tidak hanya satu orang yang akan mengira bahwa si C adalah pelakunya.

Apa yang di lihat di samakan sesuai dengan harapan otak seperti pernyataan di atas dan itu dibenarkan oleh pikiran teman-temannya yang lain termasuk F pastinya, walaupun dia berkata dengan bibirnya bahwa ia mempercayai C, namun C tetap merasa itu hal yang perlu diragukan, karena tidak ada tertuduh lainnya.

Saat malam tiba, C mendengar kabar bahwa F menemukan pelaku pencurian dompet, yang ternyata adalah teman kosnya sendiri. M adalah inisial nama temannya. Kok bisa???

itulah hidup kawan, terkadang apa yang dilihat dan otak kita menilai belum tentu adalah sebuah fakta.

Apakah C bersih? tentu saja karena sudah terbukti, tetapi apakah C sedih ? sudah pasti karena itu seperti luka yang timbul namun sembuh tapi memiliki bekas lukanya.

Nah jadi cerita nya kenapa bisa M adalah pelakunya?

coba kalian kembali baca ceritanya, saat C dan B dan F belum ke toilet apa yang terjadi?

Ya benar, C mendengar bunyi langkah kaki di tengah mereka bermain bukan?

di saat itu lah M melakukan aksinya dalam mengambil dompet dari kamar mandi itu. Faktanya adalah bahwa si C tidak berhalusinasi, dan C juga bukanlah pelakunya. Tetapi apakah itu yang dirasakan otak pemirsa dan teman-teman si F?

Apakah kalian pernah merasakannya?

itulah yang membuat kita bisa berpikir positif dan terus melatih pikiran positif ktia sendiri 🙂 ini juga bisa menjadi pemicu kita untuk menganalisa dan berpikir jernih loh, bahwa tidak semua aktivitas yang kita lihat adalah kenyataannya dan kita bisa berlatih menjadi pemikir dan penganalisa yang tepat.

salam sukses

self improvement

Tak apa-apa tak sempurna

Hilangkan pikiran kita harus jadi seperti apa, jadilah diri sendiri.

Terkadang kita merasa tidak berguna, itu wajar

terkadang kita merasa terabaikan, itu wajar

terkadang kita ditertawakan, itu wajar

terkadang kita di remehkan, itu wajar

terkadang kita bahkan di rendahkan, itu hal yang tidak biasa diterima tetapi tetap saja itu wajar, karena setiap orang pernah merasakannya dan hal itu adalah hal yang sungguh tidak mengenakkan. Tetapi, hampir semua orang pernah merasakannya.

Hal yang paling memungkinkan adalah kita mau dan bisa serta harus menerima diri kita apa adanya tanpa perlu menyalahkan lingkungan sekitar, orang terdekat, bahkan diri sendiri karena hal itu menurut saya adalah hal yang membuang waktu dan tidak menghasilkan apa-apa.

Kita semua bisa memilih hidup dengan apa yang ada dan menerima hal positif ataupun negatif di dalam diri kita, hal ini hanya kita sendiri yang bisa menentukannya.

Ada beberapa hal yang bisa kita amati dari perubahan waktu antara masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang

Masa lalu :

Hal positif (+) : Puas, Bangga, dan Senang

Hal negatif (-) : Sedih, malu, terguncang, marah, kesal, jijik, benci, tersinggung, putus asa, iri, rasa bersalah, malu, kecewa, sakit hati, sedih.

Masa sekarang :

Hal positif (+) : Tenang, sayang, empati, ramah, kasih, berani, bangga, puas, percaya, suka, santai, lega, terhibur, girang, bergairah, tertarik, terkejut.

Hal negatif (-) : –

Masa mendatang :

Hal positif (+) : Optimis, berharap, berani

Hal negatif (-) : Cemas, takut, tak berdaya, lesu, khawatir, stres, tegang, ragu, frustasi, pesimis.

Tunggu!!!

Pasti kalian penasaran kan pada masa sekarang kok tidak ada (-) ?

Bagan itu adalah bagan terpenting!!!

Meskipun semua emosi terasa pada masa sekarang, emosi cenderung terikat dengan masa lalu atau masa mendatang. Penyesalan misalnya, dirasakan pada masa sekarang tetapi fokus kepada sesuatu yang sudah berlalu. Mari luangkan waktu untuk mempelajari hal negatif positif pada ruang waktu. Baca daftar perasaan yang berkaitan dengan masa lalu dan masa mendatang, kemudian perbandingkan semua itu dengan perasaan yang terkait dengan masa sekarang. Ada perbedaan yang siginifakan, bukankah demikian?

Emosi bahagia sebagian besar terkait dengan masa sekarang.

Saya pernah punya teman, ketika kita meluapkan emosi dan kekesalan padanya dia bisa merubahnya menjadi sebuah lelucon yang tidak terpikirkan oleh saya. Itulah kelebihannya sebagai seorang perempuan saya rasa. Dia bisa menempatkan cara untuk membawa dirinya. bahkan beberapa orang tidak mau pusing dan merasa bahwa emosi sekarang adalah yang terpenting. hal ini memang sepertinya mudah dalam teorinya tetapi sulit untuk terus membuat diri kita bahagia. Karena setiap hari dan setiap waktu kita pasti merasakan hal negatif dan pemikiran negatif dari kejadian yang terjadi saecara langsung. Dan hal itu sangat meresahkan diri kita sehingga membuat kita merasa tidak nyaman dan selalu berpikiran negatif terhadap orang lain.

Maukah kita bahagia mulai dari hari ini?

Mengurangi pikiran negatif di masa lalu dan masa mendatang dan mulai merasakan hal positif untuk yang pernah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi pada masa mendatang.

Yuk mulai bersama ^^

ENTREPRENEUR

Pola pikir entrepreneur sukses

Coach hendra hilman berbagi ilmu mengenai pola pikir entrepreneur sukses, di mana banyak orang di luar sana yang sebenarnya ingin menjadi hebat, menjalankan bisnis besar, dan mendulang keuntungan tinggi. Misalnya saja ada seseorang pebisnis yang bertanya kepada beliau bahwa ia ingin bisnis semakin bagus dan besar, dan ia ingin menjadi entrepreneur.

Entrepreneur sejati menurut beliau pebisnis/pengusaha yang mereka bisa mengelola bisnis sedemikian mereka punya bisnis yang tidak perlu ada mereka bisa berjalan sendiri. Itulah entrepreneur sejati. bahkan anggotanya sendiri merasa itu adalah milik mereka serta menjalankan itu semua dengan fokus sendiri.

Tantangannya adalah bagaimana membuat bisnis besar sesuai yang mereka mau.

Terkadang harus mencari karyawan yang tepat tidak mudah, jangan menjadi superman pada diri sendiri. harus memiliki karyawan yang membantu mengelola atau menjadi manager pada setiap urusannya di dalam sebuah perusahaan.

Membangun sistem dan membangun sumber daya alam adalah hal terpenting.

Beliau memberikan tangga entrepreneur untuk kita semua pelajari.

  1. Student (Murid)
  2. Employee (Pegawai)
  3. Self employed (Bekerja Sendiri) atau guru, designer, fotografer.
  4. Business operator (Semua dikerjakan sendiri) yang marketing semua sndiri, admin sendiri, semua sendiri. jungkar-jungkir kalau ga kerja ga dapet uang. etc.
  5. Business manager (Punya bisnis harus mengelola dan jadi manager karena orang semuanya baik karyawan dan standar operasional pekerjaan tidak berjalan mulus, baik karyawannya itu tidak disiplin dan sebagainya). Jika kita terjebak di tangga ketiga dan ke empat maka akan menjadi harmsterpreneur, akan terus di posisi itu tidak akan berkembang, maka perlu membuat tim dan mengelola uang orang lain untuk membuat sistem di mana semua karyawan dapat bekerja dengan baik.
  6. Business owner memiliki waktu yang lebih besar yaitu hanya memantau pekerjaannya. Orang lain yang bekerja dan business owner hanya melihat kinerja semuanya, cash flow baik, financial freedom, dan time freedom.
  7. Be entrepreneur.

Intinya tidak bisa menjadi yang seperti itu terus, harus memiliki tim dan harus naik level.

Orang sukses harus take action.

Kesimpulannya adalah apabila kita terus berada pada posisi ketiga, ke empat dan ke lima, maka kita akan terus berputar-putar serta tidak akan berkembang. Kita perlu mempersiapkan perusahaan yang bergerak secara setiap saat atau auto pilot, di mana kita tidak ada di sana, tetapi usaha itu tetap bekerja terus dan uang tetap mengalir. Sistem pekerjaan juga harus jelas dan tidak ada yang terlewat. Walaupun ini semua tidak mudah serta perlu proses, namun semua hal ini bisa tetap dilakukan.

self improvement

Cara mencapai potensi Anda

Apakah kamu percaya bahwa segala keputusan dalam hidup kita adalah kita sendiri yang mengaturnya? hal ini dikarenakan Tuhan memberikan kita pilihan bebas yang kita sendiri bisa memilihnya tanpa pengaruh dari orang lain. Tetapi terkadang, suara hati dan pengaruh orang lain bisa berperan besar dalam setiap pengambilan keputusan kita di dalam setiap fase kehidupan kita sendiri. Untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga kita tidak menyesal adalah dengan cara kita harus mengambil keputusan berdasarkan kesadaran penuh yang kita miliki, pertimbangan, dan tanggungjawab kita sendiri. Bertekad bahwa apapun yang terjadi di kemudian hari atas pengambilan keputusan ini adalah tanggungjawab saya sepenuhnya dan bukan orang lain.

John C maxwell adalah salah satu penulis yang sangat saya kagumi dari sejak saya berada di bangku SMA. Dia adalah seorang yang menjalani hidup dengan iman dan keajaiban seutuhnya.

Ia menilai bahwa kesadaran adalah hal yang penting untuk membuat kita bisa mencapai potensi terbesar yang kita miliki, karena sejujurnya kesadaran adalah hal yang bisa menyingkirkan sumbat kapasitas/potensi yang sesungguhnya kita miliki.

  1. Tahukah Anda apa yang membatasi diri Anda
  2. Singkirkan sumbat yang membatasi hidup Anda

Setelah kita memiliki kesadaran dan mengetahui apa yang menyumbat potensi kita sesungguhnya, kemudian kita bisa fokus kepada kemampuan kita dengan cara mengembangkan kapasitas yang sudah kita miliki :

  • Kapasitas energi – komitmen kita untuk terus berupaya secara fisik
  • Kapasitas emosional – kemampuan kita untuk mengelola emosi
  • Kapasitas berpikir – kemampuan berpikir efektif
  • Kapasitas relasional – kemampuan membangun hubungan
  • Kapasitas kreatif – kemampuan melihat pilihan dan menemukan jawaban
  • Kapasitas produksi – kemampuan menghasilkan karya
  • Kapasitas kepemimpinan – kemampuan mengembangkan dan memimpin orang lain

Kita diberi pilihan untuk terus berkembang dan berlatih menjadi versi terbaik bagi diri kita yang sepenuhnya. Kemudian melakukan hal-hal yang memaksimalkan kapasitas kita seutuhnya.

  • Kapasitas tanggung jawab – pilihan untuk mengendalikan hidup Anda
  • Kapasitas karakter – pilihan Anda berdasarkan nilai-nilai baik
  • Kapasitas berkelimpahan – Pilihan untuk meyakini kelimpahan
  • Kapasitas disiplin – Pilihan Anda untuk berfokus saat ini dan menindaklanjutinya
  • Kapasitas intensional – Pilihan untuk bertekad mengejar hal penting
  • Kapasitas sikap – Pilihan untuk bersikap positif dalam setiap keadaan
  • Kapasitas resiko – Pilihan untuk keluar dari zona nyaman
  • Kapasitas spiritual – Pilihan untuk menggunakan keimanan
  • Kapasitas pertumbuhan – Pilihan untuk berfokus pada target
  • Kapasitas kemitraan – Pilihan untuk berkolaborasi dengan orang lain

Pada akhirnya kita bisa mengambil kesimpulan atas penilaian kehidupan kita, bahwa sesungguhnya kehidupan yang kita miliki adalah kehidupan tanpa batas yang dianugerahkan Tuhan kepada kita semua.

Pilihan yang terbaik terletak di tangan kita. Apakah kita mau berubah dan mengenal diri kita sendiri, berusaha menerima kelebihan dan kekurangan kita sesungguhnya.

Mari kita secara bersama melatih diri kita menjadi lebih baik lagi daripada diri kita sebelumnya.

be the best version of ourselves!!!!

self improvement

Orang muda terpilih

  • Berperawakan baik untuk melakukan hal yang baik, kita perlu untuk membuat diri kita sehat dan siap serta berlatih untuk diri sendiri agar tetap sehat.
  • Yang memahami berbagai-bagai hikmat, belajar apa saja yang baik untuk memaksimalkan hidup kita.
  • Kesupelan dengan orang, ajak bicara dan bukan hanya menyapa. Percaya tidak percaya rejeki akan datang.
  • Berpengetahuan banyak atau kemampuan tambahan yang bisa jadi ekstrakulikuler baik musik atau apapun.
  • Bekerja yang akan memunculkan ciri khas ataupun keunikan saya.
  • Kepandaian akandemis, untuk diurapi oleh Tuhan, perlu persiapan yang lama dan konsistensi. Punya pengertian tentang ilmu dan formal.
  • Cakap untuk bekerja, ketekunan dalam bekerja. Orang yang bisa banting tulang harus ditempa terlebih dahulu. Harus punya uang agar tidak mengemis ataupun minta pulsa. Kita harus mengelola dengan benar. bukan meminjam melainkan meminjami. Kita tidak usah meminta-minta roti.
  • Kemampuan berbahasa juga diperlukan. Berbahasalah dengan baik dan benar, apapun bahasa yang kita punya, kita perlu untuk melatihnya.